Layanan telematika merupakan sebuah layanan
yang dilakukan melalui jaringan telekomunikasi, yaitu layanan yang disediakan
melalui perpaduan antara komunikasi, media dan teknologi informasi. Berikut
penjelasan berbagai macam layanan telematika yang terdiri dari :
A.
Layanan Telematika di
Bidang Informasi
Layanan yang
pertama adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk
mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan,
memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi
kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
- Laporan
Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
- Bursa
Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang
lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.
B.
Layanan Telematika di
Bidang Keamanan
Layanan yang kedua adalah
layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga
suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada
tempatnya. Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
- Antivirus memberikan
keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
- Internet
Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
C.
Layanan Telematika
Context Aware & Event Based
Context-awareness
merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan
user. Contoh dari layanan telematika context aware & event
based :
- Location-based
service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang
berada.
D.
Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber
yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Sumber : http://www.coretaneta.blogspot.co.id/2014/11/layanan-telematika.html
Sumber : http://www.coretaneta.blogspot.co.id/2014/11/layanan-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar